Kamis, 25 Februari 2010

Search Engine Optimization

Search Engine optimization merupakan suatu metoda untuk mendatangkan trafik di web kita secara alami. Di sini kita mengusahakan supaya website kita muncul di halaman pertama search engine. Bagi anda yang masih pemula mungkin belum tahu apa itu search engine.

Contoh search engine yang terkenal adalah www.google.com, www.yahoo.com, www.msn.com, www.altavista.com, www.lycos.com, ask.com, go.com, dan lain-lain. Sementara ini search engine yang paling banyak dipakai adalah google (60% orang memakai google).

Apa yang dilakukan orang ketika memasuki google? Mereka cenderung mengetikan informasi yang diinginkan. Setelah itu itu orang akan melihat-lihat pada halaman pertama, jika ada yang cocok maka di klik. Walaupun begitu ada juga orang yang mengklik seluruhnya. Jika tidak ada yang cocok, dia mencari di halaman 2.

Tetapi, ini sangat jarang, biasanya ketika di halaman 1 tidak menemukan yang diinginkan maka orang lebih memilih untuk mengganti kata kunci, bukan melihat halaman 2. Maka dari itu target kita adalah bagaimana supaya website atau blog kita muncul di halaman ke 1.

Bagaimana google membuat ranking dari seluruh website yang ada?
Untuk lebih jelasnya saya berikan ilustrasi sebagai berikut.
Misalnya seorang guru mengadakan pilihan ketua kelas. Jika teman-temannya paling banyak menunjuk si A, maka sang guru akan menunjuk si A sebagai ketua kelas.

Nah google juga melakukan hal yang sama. Jika ada seseorang yang masuk ke google, kemudian dia mengetikkan kata "ayam". Maka seolah-olah google bertanya kepada seluruh dunia, "Siapa di antara kalian yang punya website tentang ayam yang paling optimal?"

Maka sebagian web akan menunjuk web lain dan melaporkan bahwa web A optimal. Di tempat lain ada juga yang mengatakan web B paling optimal, sedangkan tempat lain lagi mungkin akan mengatakan bahwa web C optimal.

Google memilih yang mana?
Semakin banyak yang menunjuk maka google menganggap itu yang lebih optimal. Jika yang menunjuk sama maka google akan memilih yang penunjukknya adalah website yang berkualitas (mengenai kualitas ini maka ada penilaian google yang disebut page rank, yang akan saya bahas kemudian). Jadi google akan memilih rnking berdasarkan kuantitas dan kualitas.

Nah penunjukan ini seperti apa?
Penunjukkan ini adalah berupa link. Nah link ini yang dinilai oleh google. Selanjutnya anda tinggal mempelajari tentang jenis-jenis link.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar